Medan pphe Cyber News  – Menyongsong era Globalisasi dan  pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 dibutuhkan kualitas sumber daya manusia disegala bidang  termasuk dalam mengoperasikan container. Selain itu pemahaman Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dirasa sangat penting untuk pekerjaan yang sangat berat. Seorang operator kontainer harus memenuhi  syarat, lulus sertifiksi dan juga memiliki pengalaman dalam mengoperasikan kontainer.

Hal ini dikatakan Walikota Medan diwakili Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Drs H Hasan Basri pada saat membuka pelatihan kepada para operator Kontainer Dermaga Belawan, Jumat (12/6) di Medan Club jalan Kartini Medan.  Hadir anggota DPRD Medan Surianto SH, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Adeksi) Pusat Dr H Sungkono Ali MM, GM Pelindo Belawan serta perusahaan Depo Kontainer Belawan.

Dikatakannya, orang yang mengoperasikan kontainer harus familiar terhadap kontainer yang dioperasikan, karena setiap kontainer memiliki spesifikasi dan karasterik berbeda, walaupun dari tipe dan manufactur yang sama. Melalui kegiatan kursus basic depo container ini para peserta kursus diharapkan memiliki skil dan pengetahuan dalam mengoperasikan kontainer serta meningkatkan kepeduliannya terhadap K3 di lapangan.

Hasan meminta kepada para operator kontainer harus selalu berhati-hati karena tidak bisa mempredeksikan apa yang terjadi di lapangan. Sekecil apapun kesalahan yang dilakukan dapat berakibat fatal. Kelalaian dapat berakibat kerugian material tetapi juga kehilangan nyawa. Maka untuk itu seorang oparator kontainer harus  berhati-hati dalam pelaksanaan tugasnya.

“ Kita juga harus memiliki kontrol, pengendalian diri yang kuat, karena seorang operator kontainer harus dalam keadaan bugar dan fit, tidak dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan, karena ini dapat mempengharuhi keselamatan dan kesehatan kerja di lapangan, “ ujar Hasan.

Ketua Adeksi Sumut Drs Khairul Mahali mengatakan, kursus ini merupakan terobosan pengurus Adeksi pusat dan Kota Medan merupakan yang pertama melakukan basic container cuorseini. Selain itu juga Adeksi lahir  di Kota Medan pada 10 tahun yang lalu, kursus ini sangat penting kerena menyangkut standar kompetensi. Menurut Khairul hingga kini belum ada standar dan perusahan Depo kontainer seharusnya sedang menunju kesana.

Kursus ini berlangasung 12 dan 13 Juni. Para peserta kursus hari pertama mepelajari teori dan hari kedua praktek dilapangan. Para nara sumber merupakan yang profesiaonal dan ahlinya dari Jakarta.

Tag: » Dipublikasikan : Juni 12th, 2015 under Medan Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan