Medan Medan pphe Cyber News – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S Msi meninjau lokasi kebakaran di Jalan M Yakub, Lingkungan VIII dan IX, Kelurahan Sei Kera II, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (25/7) siang.  Selain ingin melihat kondisi warga dan rumah yang telah hangus terbakar, kunjungan itu juga dilakukan untuk memberikan bantuan kepada 63 KK atau 161 jiwa yang menjadi korban amukan si jago merah tersebut.

Wali Kota Tinjau & Bantu Korban Kebakaran Kelurahan Sei Kera II

Wali Kota Tinjau & Bantu Korban Kebakaran Kelurahan Sei Kera II

Kebakaran yang terjadi, Kamis (20/7) malam, menyebabkan 63 KK kehilangan 38 rumah tempat tinggal semi permanen. Diduga, kebakaran yang terjadi akibat korsleting listrik itu menyebabkan warga harus tinggal di posko penampungan maupun rumah sanak saudara.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu baru bisa menjenguk warga karena baru pulang mengikuti Rakernas XII APEKSI 2017 di Kota Malang, Jawa Timur. Kedatangan Wali Kota untuk menenangkan sekaligus mengurangi kesedihan para korban kebakaran.

Dalam peninjauan  ini, Eldin turut didampingi Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring, Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis, Kadis Pencegah dan Pemadam Kebakaran, Marihot Tampubolon serta Camat Medan Perjuangan, Pahri Matondang.

Begitu tiba di lokasi, Wali kota langsung meninjau posko kebakaran. Belasan warga berkumpul di bawah tenda milik BPBD Kota Medan. Eldin langsung menenangkan warga yang masih diliputi rasa kesedihan yang sangat mendalam. Wali kota berharap agar mereka tabah dan kuat menghadapi musibah yang cukup berat tersebut.

“Saya minta kepada seluruh  korban kebakaran agar tetap tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini. Semua orang pasti tidak menginginkan musibah kebakaran ini terjadi, namun Allah SWT punya ketentuan lain,” kata Wali Kota.

Kemudian Wali Kota memberikan bantuan berupa dandang tempat memasak, tikar, kasur lipat, beras,  gula, teh celup, minyak goreng, perlengkapan bayi, serta perlengkapan mandi. “Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban korban,” harapnya.

Sebelum bantuan ini diberikan, Pemko Medan melalui BPBD Kota Medan telah memberikan bantuan pasca terjadinya kebakaran, Jumat (21/7). Selain sembako, juga bantuan peralatan tidur, tikar, makanan siap saji serta perlengkapan mandi, sejumlah material bangunan seperti batu bata dan semen.

Kemudian memberlakukan tanggap darurat selama tiga hari. Berhubung kondisi warga belum sepenuhnya pulih dan rumah mereka  belum dapat ditempati, BPBD Kota Medan kembali memperpanjang masa tanggap darurat. “Selama berada di tempat penampungan, makan dan minum seluruh warga kita yang sediakan,” kata Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring.

Dalam peninjauan itu, Wali Kota tak lupa mengetuk pintu hati para stakeholder maupun para dermawan agar  dapat memberikan bantuan guna meringankan penderitaan masyarakat. Sekecil apapun bantuan yang diberikan, ayah tiga anak ini yakin sangat bermanfaat bagi para korban kebakaran.

Usai menghibur dan menenangkan para korban kebakaran, Wali Kota selanjutnya menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial berupa 21 paket perlengkapan balita, 126 paket perlengkapan keluarga, 126 lembar tikar gulung, 5 stel segaram SD perempuan Muslim, 10 stel seragam SMP perempuan Muslim, 10 stel aseragam SMP laki-laki Muslim, 4 stel seragam SMA laki-laki Muslim, 4 stel seragam SMA perempuan Muslim. 126 potong selimut wol dan 126 lembar matras.

 kemudian meninjau lokasi kebakaran dengan berjalan kaki.  Untuk memasuki lokasi kebakaran, Eldin harus melalui gang sempit dan berliku-liku. Kondisi 38 rumah sangat memperhatinkan, tinggal menyisakan dinding beton, sedangkan atap rumah hangus terbakar.

Wali Kota ikut merasakan kesedihan yang dirasakan para korban, rona kesedihan langsung memancar  di wajah orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. Apalagi saat melihat ibu-ibu tengah membersihkan rumahnya dari puing-puing sisa kebakaran, mata Eldin pun sontak memerah dan berkaca-kaca.

Wali Kota cepat mengatasi perasaan haru biru tersebut. Dia kemudian menginstruksikan Camat Medan Perjuangan agar segera mendata seluruh korban kebakaran, sehingga bantuan yang diberikan Pemko Medan maupun stakeholder lainnya tepat sasaran.

 “Pemko Medan siap membantu dan melayani para korban kebakaran. Tetap sabar dan semoga cepat bangki dari musibah yang bukan kita kehendaki ini,” harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Medan Perjuangan, Drs H Fahri Matondang  MAP  menjelaskan, pasca terjadi kebakaran, pihaknya telah melakukan pendataan terhadap seluruh warga korban kebakaran  yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB tersebut.

Dikatakan Fahri, data ini nantinya akan dijadikan dasar untuk memberikan bantuan yang diterima baik dari Pemko Medan maupun stakeholder. “Walaupun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun kebakaran menyebabkan 38 unit rumah warga hangus terbakar, sehingga menyebabkan 63 KK atau 181 jiwa kehilangan tempat tinggal,” papar Pahri.

Tag: » Dipublikasikan : Juli 26th, 2017 under Medan Terkini, Sumatera Utara Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan