Medan, pphe cybernews – Pemko Medan saat ini terus berbenah untuk menjadikan Kota Medan sebagai smart city (kota pintar). Sudah banyak yang dilakukan Pemko Medan guna mewujudkannya, selain pemanfaatan E-Goverment, juga pemanfaatan aplikasi Medan Smart City yang berbasis android serta pemanfaatan transportasi berbasis digital web.

Pemko Medan Menuju Smart City

Pemko Medan Menuju Smart City

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setdakot Medan Qamarul Fatah ketika membuka seminar Laporan Akhir Kajian Smart City Kota Medan Tahun Anggaran 2017 di Hotel Grand Aston Medan, Selasa (19/12).

“Sebagai kota metropolitan, saya ingin masyarakat dapat memanfaatkan program smart cityini, sebab akan memudahkan masyarakat dalam hal memproleh pelayanan publik,” kata Qamarul dihadapan para peserta seminar yang terdiri dari perwakilan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Dikatakan Qamarul, penerapan smart city ini sebagai salah satu upaya menjadikan Medan sebagai kota masa depan dan kota kelas dunia. Penerapan smart city sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan cepat, serta lebih transparan. Tentunya hal ini harus di dukung pula oleh sistem digital layanan publik melalui teknologi informasi.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung terwujudnya Medan sebagai SmartCity, jelas Qamarul, diharapkan ke depannya berbagai persoalan yang ada dapat diselesaikan guna mewujudkan pelayanan publik yang berdampak pada kondisi yang nyaman.

Di samping itu tambah Qamarul lagi, melalui smart city ini tentunya akan sangat mendukung setiap aktivitas Pemko Medan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat baik di bidang kesehatan, pendidikan, administrasi kependudukan maupun bidang lainnya.

Atas dasar itulah melalui laporan kajian smart city Kota Medan ini, Qamarul berharap seluruh stakeholder mengetahui setiap masalah dan solusi yang dihadapi kota Medan dalam berbenah menuju smart city, serta mengetahui bagaimana kesiapan animo masyarakat kota Medan dalam menghadapi Kota Medan menuju smart city.

“Untuk mewujudkan Medan Smart Citytentunya dibutuhkan kerjasama antara seluruh stakeholder, ini menjadi keharusan agar menjamin keberhasilan program ini, karena itu saya mohon kepada Dinas Kominfo sebagai leading sektor dalam sisi IT agar dapat mendukung terwujudnya Medan sebagai Smart City.”harap Qamarul.

Sebelumnya Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval  mengatakan, laporan akhir ini bertujuan untuk membuat kajian yang hasilnya berupa regulasi yang dapat diterapkan di seluruh OPD dikota Medan. Hingga saat ini, lanjutnya, Dinas Kominfo tengah membangun data center yang dapat menampung seluruh data dari masing-masing OPD, keseluruhan data ini nantinya akan saling terhubung sehingga dapat semakin mempermudah OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Data yang ada akan kita tampung dalam server. Data-data ini  akan saling terhubung, namun kami berjanji tidak akan mengintervensi data yang ada tersebut,” jelas Zain Noval.

Tag: » Dipublikasikan : Desember 20th, 2017 under Medan Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan