Medan, pphe cyber news – Kepala dinas kesehatan Sumatera Utara menyerukan agar Gerakan masyarakat sehat (Germas) dapat membentuk bangsa Indonesian yang kuat dan sehat. Hal ini disampaikannya pada saat komprensi pers dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 53 Tahun (HKN). Jumat(10/11).

Sementara itu, Kadis kesehatan Sumut, Agustama dalam temu Pers, Jumat (10/11) mengatakan, bahwa Germas sudah dilaksanakan di kabupaten/kota di wilayah di Sumut dan tujuannya untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat  sehat dengan beraktivitas minimal 30 menit/hari, makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan tidak alkoholik.Menurut Agus untuk mencapai Germas, ada 12 indikator keluarga sehat yakni,terkait Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.
Lebih lanjut dikatakan Agustama, Gizi dan kesehatan ibu dan anak tidak terlepas dari, keluarga mengikuti KB, ibu bersalin di faskes, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan dan pertumbuhan balita dipantau setiap hari, setiap bayi ditimbang jangan sampah digaris merah (dibawah 2,3 kg).


Terrkait penyakit menular dan penyakit tidak menular, penderita TB paru dan penderita Hipertensi ini dilanjutkan berobat secara teratur, untuk gangguan jiwa berat, ini diobati dan tidak ditelantarkan.

Terkait perilaku dan kesehatan lingkungan, kata Agustama, tidak ada anggota keluarga yang merokok, semua keluarga menjadi anggota BPJS, memilih/ air bersih dan memiliki/memakai jamban sehat.

Menyambut hari kesehatan Nasional yang ke 53 Tahun ini menjadi momentum refleksi, sejauh mana keberhasilan supaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat masyarakat, dan sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan melibatkan seluruh unsur lintas sektor.

Dalam momen ini, Dinas kesehatan Sumut melaksanakan kegiatan senam bersama dan car free day Serta upacara bendera, ujar Agustama. (Sahat MT Sirait)

Tag: » Dipublikasikan : November 11th, 2017 under Breakingnews, Kesehatan, Medan Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan