Medan pphe Cyber News – Dinas Pertamanan Kota Medan direncanakan akan menghabiskan anggaran Rp145. 247.130.000 pada tahun 2014 dengan rincian belanja langsung Rp 36.244.255.000, sedangkan belanja tidak langsung berjumlah Rp109.002.875.000. Dari jumlah belanja langsung Rp4.997.388.000 di antaranya akan dihabiskan untuk melakukan pemasangan lampu jalan penerangan umum (LPJU) di sejumlah titik yang tersebar di seluruh Kota Medan.

Kadis Pertamanan Kota Medan, Zulkifli Sitepu melalu Kabid Program, Rahmat Sinuraya tidak mengingat secara pasti apakah ada kenaikan jumlah anggaran untuk pemasangan LPJU di tahun 2014.

“Saya kurang ingat secara pasti apakah ada pengurangan atau kenaikan anggaran untuk pemasangan LPJU, “ ujarnya di Balai Kota, Kamis (13/2).

Rahmat mengaku tidak seluruh pekerjaan proyek pemasangan LPJU akan dilakukan lelang terbukan pada Unit Layanan Pengadaan (ULP). Karena ada sejumlah pekerjaan yang jumlah nominalnya diatas Rp. 200 juta.”Kalau di atas Rp200 juta pasti akan diumumkan secara terbuka pada situs resmi LPSE Pemko Medan, jika tidak maka proyek tersebut dimasukkan kedalam kategori Penunjukan Langsung (PL),” ungkapnya.

Rahmat menambahkan, lokasi pemasangan LPJU kebanyakan berasal dari pihak Kecamataan yang disalurkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang). Bukan hanya itu, usulan pemasangan LPJU disejumlah titika juga ada yang berasal dari para pengawas lapangan.”Kebanyakan usulan megenai lokasi pemasangan LPJU berasal dari pihak Kecamatan yang ditampung dalam Musrembang, tapi ada juga usulan dari petugas yang ada dilapanga,” tandasnya.

Anggota Komisi D DPRD Medan, Jumadi membenarkan jika tahun ini ada pemasangan LPJU oleh Dinas Pertamanan. Namun dia lebih menginginkan Dinas Pertamanan lebih berkonsentrasi terhadap LPJU yang sudah ada.

Kebanyakan LPJU yang sudah ada saat ini tidak terawat dengan maksimal, dimana banyak ditemukan LPJU yang lampunya tidak dalam keadaan menyala. “Saya sering terima laporan dari masyarakat mengenai banyaknya LPJU yang tidak hidup, padahal setiap tahun ada anggaran untuk biaya perawatan,” katanya.

Politisi PKS ini menambahkan, pengawasan terhadap LPJU yang sudah ada juga harus lebih ditingkatkan. Mengingat saat ini perampokan atas kabel atau lampu sering terjadi, “ Percuma saja dipasangi LPJU kalau tidak dijaga atau dirawat, saya berharap Dinas Pertamanan lebih bekerja maksimal lagi tahun ini,” tegasnya.

Tag: » Dipublikasikan : Februari 16th, 2014 under Medan Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan