MEDAN, pphe cybernews – Untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah Republik Indonesia memberikan penyaluran Dana 20 % dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara setiap tahunnya untuk bidang pendidikan. Bahkan, pemerintah pusat selalu terus berupaya memperbaiki kinerja maupun penyaluran anggaran – anggaran yang diperuntukkan bagi biaya pendidikan.

Dinas Pendidikan Kota Medan Gagal Mengawasi Dana BOS

Dinas Pendidikan Kota Medan Gagal Mengawasi Dana BOS

Namun anehnya, Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Dinas Pendidikan pada tahun anggaran 2016 belum mampu memberikan pembinaan terhadap sekolah-sekolah penerima dana Bos se-kota Medan tentang penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Pwnyalahgunaan dana BOS ini disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Perjuangan Politik Hukum Dan Ekonomi (LSM-PPHE), Jayamuddin Barus, di medan belum lama ini.

Menurutnya, “bahwa petunjuk teknis penggunaan Dana BOS Tahun Anggaran 2016 untuk membayar honor bulanan guru/tenaga kependidikan honorer pada sekolah swasta maksimal 50% dari total dana bos yang diterima. Dari data yang dimilikinya bahwa anggaran yang diperuntukkan untuk honor guru tersebut telah terjadi kelebihan anggaran dari total peruntukkannya, sehingga membuat pelanggaran terhadap juknis tahun 2016 tentang dana BOS ”.

Barus juga berharap kepada institusi penegak hukum baik dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Inspektorat maupun Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan penyelidikan dan pengauditan kembali bagi peruntukkan anggaran dana bos tahun anggaran 2016 di Dinas Pendidikan Kota Medan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs. H. Hasan Basri, MM tahun anggaran 2016 dan 2017 telah melakukan sosialisasi penggunaan Dana Bos kepada Sekolah-Sekolah penerima dana Bos se- Kota Medan. Sesuai petunjuk teknis penggunaan dan pertanggung jawaban keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2016 serta perubahannya, pada Bab V tentang penggunaan Dana Bos, huruf A, poin 8, huruf b, nomor 1; batas maksimum penggunaan dana BOS untuk membayar honor bulanan guru/tenaga kependidikan honorer disekolah negeri adalah 15 % dari total dana BOS yang diterima, sementara disekolah swasta maksimal 50 % dari total dana BOS yang diterima.

Sementara Sugerno kabid dikdas dinas pendidikan kota Medan merasa tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan dana BOS tahun 2016. Pasalnya ia baru bertugas sebagai Dikdas sejak januari 2017.

” saya tidak mau mencampuri pekerjaan teman saya dahulu” ujar Sugerno. (PUTRA)

Tag: » Dipublikasikan : Desember 18th, 2017 under Medan Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan