Sesuai UU No 25 Tahun 1992 pasal 22 dan 23 tentang perkoperasian dan amanat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi Karyawan Nusatiga pasal 24 junto b, Rapat Anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi yang dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali setahun dalam rangka tutup tahun buku serta agenda program kerja tahun berikutnya. RAT Koperasi Karyawan Nusatiga untuk tahun buku 2013 telah berlangsung tanggal 13 Maret 2014 yang dihadiri oleh seluruh ketua dan sekretaris SPBUN tingkat basis, pengurus koperasi, pengawas koperasi, manajer kebun/unit, lembaga bantuan hukum, para Ketua UKK, Direksi PTPN III selaku pembina dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara dan akuntan publik.

Dalam keterangannya, Gusmar Harahap selaku Ketua Koperasi Karyawan Nusatiga bahwa secara keseluruhan kondisi keuangan kompilasi Kopkar Nusatiga tahun 2013 baik, dimana aset tahun 2013 ditutup dengan nilai Rp 241,1 milyar, meningkat 33,72% dari tahun 2012 sebesar Rp 183 milyar. Laba bersih setelah dikurangi pajak sebesar Rp 16,6 milyar atau meningkat sekitar 5,7% dari tahun lalu. Sementara kondisi likuiditas 157 % yang mencerminkan kemampuan yang sangat baik untuk memenuhi kewajiban/hutang jangka pendek.

Kopkar Nusatiga memiliki jumlah anggota yang terdaftar sampai dengan 31 Desember 2013 sebanyak 27.382 orang yang tersebar di berbagai unit kerja PTPN III. Selain kegiatan simpan pinjam uang tunai kepada anggota, usaha SPBU di simpang Pajak Sei Sikambing, perumahan, toko konsumsi, foto copy, pengadaan beras, jasa sewa alat transportasi, usaha konveksi, Nusatiga Mart dan usaha perkebunan sawit adalah bidang-bidang usaha ekonomi yang telah digeluti selama ini dan menghasilkan keuntungan yang besar bagi koperasi.

Dr. Masri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pempropsu dalam sambutannya mengatakan bahwa Kopkar Nusatiga adalah yang terbesar dan menjadi andalan Propinsi Sumatera Utara. Ia mengharapkan agar Kopkar Nusatiga dari PTPN III bisa menandingi Koperasi Karyawan dari PT Semen Gresik yang menjadi ikon Indonesia dan tercatat sebagai salah satu koperasi yang berhasil di tingkat internasional.

Harianto, Direktur SDM & Umum selaku salah satu pembina koperasi mengungkapkan kepada para pengurus koperasi agar lebih bergiat mencari celah yang bisa mendorong pertumbuhan dan laba koperasi semakin baik di tahun-tahun mendatang dengan memanfaatkan potensi yang ada. Kopkar Nusatiga selanjutnya akan mengembangkan usaha apotik (toko obat) dan membuka usaha rekanan PBF (Pedagang Besar Farmasi), melakukan penggantian kendaraan dan alat-alat berat serta mencari lokasi kantor koperasi di luar lingkungan kantor PTPN III.

» Dipublikasikan : Maret 21st, 2014 under UKM Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan