Periode triwulan pertama tahun 2014 tanggal 13 Maret lalu di Sei Karang, Galang, deli serdang,  PTPN III menyalurkan pinjaman modal bergulir melalui dana kemitraan sebesar Rp 3.090.000.000,- untuk 98 orang mitra binaan yang tersebar di berbagai kabupaten di Sumatera Utara diantaranya pada pengusaha kecil menengah dari Medan, Deli Serdang, Sergei, Tebing Tinggi, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Karo dan Dairi.

Irwadi Lubis, Kepala Bagian KBL mengatakan jumlah secara kumulatif penyaluran dana kemitraan sampai dengan saat ini telah mencapai Rp 187.518.552.113,- dengan jangkauan mitra binaan sebanyak 6.002 orang di seluruh Sumatera Utara. Ia juga menambahkan bahwa dari 98 orang mitra binaan yang dibantu di periode pertama tersebut, 57 orang merupakan mitra binaan yang baru dan 41 orang mitra binaan lanjutan.

Program kemitraan melalui bagian PKBL yang ada di BUMN khususnya PTPN III difokuskan untuk memberi kontribusi pada penyebaran ekonomi di masyarakat pengusaha  menengah ke bawah.  Diharapkan dengan keberlanjutan dana pinjaman bergulir tersebut akan memberi faedah yang lebih besar lagi. Harianto, Direktur SDM PTPN III, “Kami berharap bapak dan Ibu sekalian benar-benar mampu memanfaatkan pinjaman modal baik bagi mitra binaan awal maupun lanjutan untuk pengembangan usaha, sehingga UKM bisa eksis di tengah-tengah masyarakat Sumatera Utara,” katanya.

Nara sumber pelatihan diantaranya berasal dari USU, LPP, maupun didatangkannya pengusaha-pengusaha sukses yang dapat merangsang semangat berjuang bagi para mitra binaan. Sementara untuk jasa proteksi asuransi ditangani oleh PT Asuransi Jiwasraya.  Sedangkan pihak notaris dipercayakan kepada Ibu Notaris Elza Mawarni, SH, S.PN dan rekan. Hadir dalam pelatihan kewirausahaan tersebut diantaranya Harianto, Direktur SDM & Umum, Irwadi Lubis, Kabag KBL, Teguh Pribadi, Distrik Manajer Deser II dan para peserta.

Sofiyan, pengrajin sangkar burung, dari Desa Nagari Bosar, Kec. Panombahan Panei, Simalungun mengucapkan terima kasih kepada PTPN III yang telah memberi kesempatan kali kedua baginya untuk menerima pinjaman lanjutan untuk mengembangkan usahanya yang mulai maju. Sementara Enceng Kardidi, pengusaha bakso tahu goreng dari Desa Cikampak, Aek Batu, Labuhabatu Selatan sebagai mitra binaan awal, sangat senang terpilih menjadi bagian dari UKM untuk dibantu karena bisa mendorong usahanya berkembang. “Terima kasih PTPN III semoga semakin jaya dan maju,” katanya senang.

Tag: » Dipublikasikan : Maret 17th, 2014 under UKM Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan