Kisaran pphe-ri.com – Dalam menjalankan roda pemerintahan mungkin saja terjadi komflik antara kepala desa dan perangkat desa. Sehingga menyebabkan pemberhentian perangkat desa. Namun terkadang komflik ini meruncing hingga menempuh jalur hukum.

Afandi

Muhammad Afandi Kabid Pemerintahan pada Dinas Pemerintahan Desa Kab Asahan.

Ahmad Afandi selaku kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemerintahan desa Kab Asahan mengatakan bahwa komflik yang dialami interen desa tidak menjadi penghalang penyaluran ADD maupun Dana Desa. Namun begitu terkadang pemberhentian aparat desa juga dapat menghambat proses administrasi sebagai syarat pencairan dana desa maupun ADD.
Hal itu dikatakan Afandi saat dikomfirmasi pphe-ri.com diruangan kerjanya, Selasa (9/4).

“Jadi tidak benar bahwa komflik interen didesa menjadi penghalang pencairan dana desa, itu tidak benar ” ujar Afandi kepada pphe-ri.com.

Namun begitu menurut Afandi, komflik tersebut dapat menjadi penghambat dalam memenuhi proses pencairan dana desa dan ADD. Hal itu disebabkan oleh personil yang menandatangani Perdes ada 3 orang, namun akibat pemberhentian perangkat desa, personilnya merangkapa jabatan yg tisak sesuai aturan.

” Sebenarnya ini bukan hambatan juga, tapi dapat saja terjadi karena personil perangkat desa merangkap jabatan lebih dari satu dan rangkap Jabatan yang tidak sesuai dengan peraturan, tapi pada intinya kita tidak pernah menghalang halangi, kita selalu mambantu mencarikan solusi” ujar Afandi.

Terkait penggunaan Dana Desa Afandi mengatakan bahwa sebaiknya Dana Desa lebih konsentrasi kepada pembangunan ekonomi desa, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

“Memang pembangunan fisik penting, tapi perbaikan ekonomi desa juga harus diperhatikan. Inikan dana desa sudah 5 tahun, harusnya sekarang sudah lebih konsentrasi kepada bidang ekonomi” ujar Afandi.

Afandi juga menghimbau agar Kepala desa mempercepat pembuatan laporan penggunaan dana desa, agar dana tersebut dapat segera digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“kita sudah menghimbau para kepala desa untuk segera melengkapi berkas untuk pencairan dana desa dengan menyurati Camat” ujar Afandi.

» Dipublikasikan : April 9th, 2019 under Ekonomi, Sumatera Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan