Medan pphe Cyber news – Komoditas hasil Perkebunan dan pertanian di Sumut seperti karet, CPO, kopi, kayu olahan, dan ikan

pelabuhan  Belawan Internasional Contaener Terminal (BICT)

Pelabuhan Belawan Internasional Contaener Terminal (BICT)

masih mendominasi kegiatan komoditi ekspor ke mancanegara. Total Eksport hasil pertanian melalui pelabuhan Belawan Internasional Contaener Terminal (BICT) diantaranya karet sebesar 765.007 ton/tahun, disusul Palm Oil (CPO) 512.595 ton/tahun, kopi sebesar 96.744 ton/tahun, sayur mayur sebesar 54.330 ton, coklat 33.879 ton/tahun, pinang 147.401 ton/tahun dan ikan sebesar 29.429 ton/tahunnya.

Hal itu dibenarkan Humas BICT, Tengku Irfan ketika ditemui,di ruang kerjanya. kelancaran arus bongkar muat di BICT tersebut sejak adanya penambahan fasilitas alat bongkar muat di BICT sehingga arus kegiatan di Pelabuhan kontener Internasional maupun antar pulau (Domestik) tampak berjalan lancar.

Fasilitas di BICT yang tersedia yakni Contaener Cren (CC) hingga kini berjumlah 11 unit, 10 unit Reachstaker, 25 unit Rubber Tyred Gantry Crane (RTG), 2 unit HMC, 55 unit Head Truck, 56 unit Chasis, 3 unit side loader dan 5 unit Forklift.

Hal itu guna meningkatkan serta memperlancar arus bongkar muat kontainer dan arus keluarnya dari Pelabuhan BICT. BICT Belawan yang merupakan Pelabuhan Hub Port untuk indonesia bagian barat menambah dermaga Internasional melalui Pembangunan tahap I dan II sepanjang 350 meter dan hingga kini masih dalam proses penyelesaian guna menunjang kegiatan di BICT, ujar Irfan.

Sedangkan M Faisal, selaku pengguna jasa kepelabuhan bergerak di bidang ekspedisi muatan kapal laut mengaku, merasa puas atas pelayanan yang diberikan pihak BICT, apalagi sejak adanya penambahan fasilitas alat pendukung bongkar muat kontaener.

“Pelayanan percepatan arus bongkar muat di BICT sangat menguntungkan bagi para penguna jasa, sehingga pengguna jasa tak banyak mengeluarkan cost (biaya pengeluaran) bahkan pengiriman barang maupun pemesanan barang sesuai dengan jadwal yang direncanakan,”cetus Faisal.

Menurut Faisal, BICT Belawan sebagai pelabuhan kebanggaan Sumut harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan Pemerintah sebab Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang perekonomian Sumut khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Selain itu, Pelabuhan UTPK Belawan disiapkan untuk mampu menyaingi pelabuhan negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia sebab selama ini sejumlah komoditas utama Sumut sistem pengapalannya melalui kedua Pelabuhan saja.Ujarnya.

Tag: » Dipublikasikan : Februari 13th, 2014 under Ekonomi, Sumatera Utara Terkini Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan