Hak Pengelolaan yang merupakan dasar Hak Menguasai Negara tersebut diberikan kepada PT Perkebunan Nusantara III dalam bentuk Sertifikat Hak Pengelolaan No 1 Tahun 2014 Tanggal 16 Juli 2014 yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun Aslidakhi, SH, MH. Sertifikat sebagai bukti Hak tersebut sebelumnya didasari oleh Surat Keputusan Kepala BPN RI No 27/HPL/BPN RI/2014 Tentang Pemberian Hak Pengelolaan Atas Nama Perusahaan Perseroan (Persero) PTPN III.Dengan keluarnya Sertifikat Hak Pengelolaan tersebut maka secara hukum dan prosedural telah terpenuhi bagi para investor untuk segera melakukan investasi diatas tanah Hak tersebut. Secara prosedural PTPN III dapat melakuan perikatan kepada pihak ketiga/investor dengan sebelumnya melakukan perikatan dalam bentuk Perjanjian Penggunaan Tanah yang saling menguntungkan baik bagi PTPN III maupun bagi para investor.

Hak Pengelolaan yang diberikan kepada PTPN III tersebut tidak terlepas dari terobosan Bagas Angkasa, Direktur Utama dan Harianto, Direktur SDM PTPN III yang melakukan proses percepatan Hak Pengelolaan tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk akselerasi program pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus yang juga merupakan salah satu program pemerintah dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan Presiden RI pada tanggal 27 Mei 2011 yang nantinya diharapkan sebagai penggerak perekonomian untuk wilayah Sumatera khususnya Sumatera Utara.Secara korporasi PTPN III telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan investor melakukan bisnis di KEK tersebut.

PTPN III menyatakan kesiapanya melakukan kerjasama dengan para investor yang akan berinvestasi di kawasan seluas 1933,80 Ha tersebut. Investor dapat segera melakukan perikatan dengan PTPN III dalam bentuk Perjanjian Penggunaan Tanah yang menjadi dasar bagi para investor mengajukan permohonan Hak Guna Bangunan terhadap bagian tanah Hak Pengelolaan PTPN III tersebut. PTPN III sangat berharap agar para investor segera melakukan investasi di Kawasaan Ekonomi Khusus menggingat banyaknya kemudahan yang diberikan dalam melaksanakan investasi diantaranya adalah keringanan dibidang fiskal dan prosedural pengurusan hak atas tanah, sehingga sangat menguntungkan dari segi finansial bagi para investor dalam melakukan investasi. Saat ini sudah beberapa perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) yang telah berkomitmen untuk melaksanakan investasi di KEK PTPN III. Dengan keluarnya Hak Pengelolaan ini maka akan bertambah jumlah investor yang akan menanamkan modalnya sehingga terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi yang membawa kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Tag: » Dipublikasikan : Agustus 6th, 2014 under BUMN, Ekonomi Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan