Medan pphe Cyber News – PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) telah memantapkan langkah menuju perubahan sistem terintegrasi berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) dengan  SAP Platform. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan Go Live Implementasi ERP SAP bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila pada hari

PTPN III (Persero) resmi Go Live ERP pada Hari Lahir Pancasila

PTPN III (Persero) resmi Go Live ERP pada Hari Lahir Pancasila

Kamis, tanggal 1 Juni 2017 di Kantor Direksi PTPN III (Persero) Medan. Acara dihadiri oleh Seger Budiarjo selaku Direktur Human Capital Management PTPN III (Persero), Nurhidayat selaku Direktur Pelaksana PTPN III (Persero), Seluruh Senior Executive Vice President PTPN III (Persero), Distrik Manajer, Kepala Biro/Bagian dan Personil Key User ERP PTPN III (Persero). Seremonial Go Live disaksikan juga oleh Asep Kartiawan (Deputi Executive Vice President Telkom Regional I), Dwi Sulistiani (GM Enterprise System Manufacturing and Agribusiness), Mohammad Syibli (GM Wilayah Telekomunikasi Medan) dan Arief Purnomo (Chief Operating Officer PT. Sigma Metrasys Solution).

Go Live adalah penanda dimulainya pengimplementasian  Sistem ERP-SAP secara penuh di PTPN III (Persero). Project Manager ERP PTPN III (Persero), Idham Haryadi menyampaikan bahwa dalam pengimplementasian ERP ini, banyak persiapan yang telah dilakukan yang melibatkan kesungguhan seluruh karyawan di perusahaan. Selain itu, persiapan data-data yang diperlukan pada saat migrasi juga telah dilakukan tanpa terkecuali juga memastikan kesiapan SDM yang berkompeten dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan.

Ada dua sesi acara dalam Seremonial Go Live ERP PTPN III (Persero). Sesi Pertama adalah Sesi Edukasi berupa Pameran ERP yang terdiri dari 9 (Sembilan) booth Pameran tentang Modul-Modul ERP. Direksi, SEVP dan Jajaran Manajemen PTPN III (Persero) bersama dengan Pihak Manajemen PT. Telkom Indonesia mengunjungi Booth Pameran modul-modul ERP yang dijaga oleh para personil Key User. Dalam pameran ini, jajaran Manajemen PTPN III (Persero) berinteraksi langsung dengan para Key User mengenai transaksi yang ada dalam masing-masing modul. Sesi Kedua adalah Sesi Seremonial Formal dengan beberapa acara Pemutaran Video Kilas Balik Kegiatan ERP, Video Ekspresi Komitmen ERP Distrik/Kebun/Unit, Peresmian Logo dan Maskot ERP PTPN III (Persero) dan acara puncak yakni Hitung Mundur (Countdown) Implementasi ERP yang ditandai dengan bunyi Sirene serta peragaan transaksi perdana ERP oleh Maskot “Bang ERP”. Ahmad Diponegoro selaku Organization Change Management (OCM) Leader ERP PTPN III (Persero) yang mempersiapkan acara seremonial ini menyampaikan bahwa tujuan acara ini dibuat sedemikian rupa agar seluruh pihak yang terlibat dalam implementasi ERP ini lebih diedukasi mengenai Sistem ERP sehingga budaya baru tersebut dalam lebih mudah dilaksanakan.

Direktur Pelaksana PTPN III (Persero), Nurhidayat mengatakan bahwa momen Go Live ERP tanggal  1 Juni 2017 merupakan momen yang sangat tepat bersamaan dengan bulan Suci Ramadhan dan Hari Lahir Pancasila. Sesuai dengan tema Pekan Pancasila saat ini yaitu Saya Indonesia – Saya Pancasila, dengan bangga kita juga dapat menyatakan bahwa Saya PTPN III – Saya ERP. “Semua yang terlibat dalam implementasi mulai dari Direksi, SEVP, Distrik Manajer, Kepala Biro/Bagian, Manajer dan Key User serta End User  harus tetap semangat dalam mendukung Implementasi ERP ini berjalan dengan baik sehingga membuat Perusahan kita dapat tumbuh, berkembang, lestari dan bermakna bagi nusa dan bangsa”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Seger Budiarjo (Direktur HCM PTPN III Holding) dalam sambutannya mengilustrasikan sebuah keadaan dimana pada suatu masa produktifitas komoditi perkebunan akan mencapai titik kulminasi sedangkan biaya operasioanal seperti biaya SDM semakin meningkat sehingga dikhawatirkan perusahaan tidak dapat lagi tumbuh dan berkembang. “Untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu, maka diperlukan langkah-langkah strategis yang harus diterapkan, salah satunya dengan menerapkan Implementasi Sistem ERP-SAP ini. Implementasi ERP ini nantinya akan lebih memberikan efisiensi biaya”, ujarnya.

Tag: » Dipublikasikan : Juni 3rd, 2017 under BUMN Oleh redaksi | No Comments »

Selamat Datang Bos , Tolong dikomentari berita ini dengan sopan